Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur, Cegah Sakit Kepala!

Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur, Cegah Sakit Kepala!
Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur, Cegah Sakit Kepala!

Manfaat Minum Air Putih – Saat tidur tubuh akan “berpuasa”, sehingga rentan mengalami kekurangan cairan yang bisa mempengaruhi fungsi organ. Maka dari itu, penting untuk selalu mencukupi asupan cairan bagi tubuh kita sebelum tidur.

Masih banyak orang yang tidak mengonsumsi air sebelum tidur, karena tidak terbiasa atau tidak sempat atau tidak ingin terbangun untuk buang air kecil. Padahal sudah banyak penelitian yang mengatakan, minum air putih sebelum tidur itu memiliki banyak manfaat lho. 

Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Berikut adalah sederet manfaat minum air sebelum tidur:

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mengonsumsi air sebelum tidur membuat tidur lebih nyenyak. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih bugar keesokan harinya.

Kekurangan cairan selama tidur membuat rentan terbangun di malam hari karena haus, sehingga waktu dan kualitas tidur pun dapat terganggu. 

  1. Menjaga Fungsi Organ Tubuh

Selama tidur, beberapa organ tubuh tetap aktif untuk menunjang kehidupan, misalnya paru-paru, jantung dan ginjal. Minum air sebelum tidur dapat menjaga fungsi organ. Karena kinerja organ sangat bergantung pada cairan tubuh. 

  1. Menjaga Suhu Tubuh

Mengonsumsi air dapat mendinginkan tubuh dan menjaga suhu tubuh tetap normal, serta membuat tubuh lebih rileks dan memicu rasa kantuk.

  1. Mencegah Sakit Kepala

Kurang waktu tidur dan cairan tubuh dapat menimbulkan sakit kepala saat bangun. Untuk mencegah sakit kepala, sebaiknya mengonsumsi air sebelum tidur.

  1. Mengurangi Gejala Flu

Minum air sebelum tidur juga dapat meredakan demam dan hidung tersumbat akibat flu, sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur penderita flu dan membantu pemulihan.

Melihat pentingnya minum air putih bagi tubuh, sebelum tidur dianjurkan untuk mengonsumsi minimal 1 gelas air setidaknya 2 jam sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk mencegah kamu merasa kehausan saat tidur dan juga membantu memperlancar metabolisme tubuh.