Pipa PDAM Bocor, Warga Pulo Antre Air Bersih

Pipa PDAM Bocor
Pipa PDAM Bocor

Pipa PDAM bocor warga pulo antre air bersih – Para pelanggan PDAM Surya Sembada yang berdomisili di Pulo Wonokromo, Surabaya kesulitan air bersih akibat bocornya pipa jaringan di Jalan Ahmad Yani. Sebagai gantinya, warga terdampak harus antre untuk mengambil air dari mobil tangki yang dikirim PDAM Surya Sembada.

Suplai air tangki dilakukan PDAM sejak Senin siang, tidak lama setelah adanya laporan kebocoran pipa. Tepatnya di lokasi terdampak pengerjaan pipa bocor. Misalnya, wilayah Pulo Wonokromo, Karangrejo, Gayungan, dan Jambangan.

Warga Pulo Wonokromo antre dengan membawa bak, jeriken, dan galon, untuk mendapatkan air bersih. Ilham, warga terdampak, mengatakan bahwa antrean didominasi ibu-ibu. Sejak pagi mereka menunggu kedatangan air tangki. Sebab, air bersih di rumah warga sudah habis.

’’Harus sabar kan satu tangki untuk tujuh KK,’’ terangnya.

Diah Ayu Anggraeni dari Humas PDAM Surya Sembada mengatakan, dalam sehari total ada sembilan tangki yang dikirim ke warga terdampak. Tujuannya, mencukupi kebutuhan air sementara. Sebab, pengerjaan pipa bocor masih dilakukan.

Pengerjaan pipa bocor rampung dalam dua hari sejak kebocoran terjadi. PDAM memastikan pelayanan air ke pelanggan sudah bisa berjalan normal. Menurut perempuan yang akrab disapa Neni itu, kendala pengerjaan pipa adalah menemukan titik bocor.

Setelah diketahui, ternyata  titik kebocorannya berada di bawah pipa, yang makin mempersulit proses perbaikan. Ekskavator pun didatangkan untuk melakukan penggalian. Jadi butuh waktu sedikit agak lama.

’’Kedalaman pipa sekitar 2,5 meter,’’ ujarnya.

Kebocoran pipa juga membuat area tersebut tergenang oleh air. Karena itu, petugas harus memompa dulu agar bisa mengetahui lokasi bocornya pipa. Menurut Neni, pipa berdiameter 450 milimeter itu bocor karena faktor usia.

Artikel Lainnya  Hari Air Sedunia: Krisis Air Bersih Tak Berujung

Baca Juga: Krisis Air di Jakarta Utara, Warga Susah Cuci Baju..

“Usianya sudah di atas 20 tahun. Karena itu, pipa mudah bocor. Terlebih, lokasinya dekat dengan jalan arteri Ahmad Yani arah Sidoarjo. Setiap hari banyak kendaraan yang melintas,’’ ungkap Diah Ayu.

PDAM Surya Sembada saat ini memprioritaskan pekerjaan untuk mengganti pipa yang usianya sudah tua. Rencananya, tahun ini ada 150 kilometer pipa yang direhab. Namun, yang diutamakan nanti adalah yang rawan mengalami kebocoran. Khususnya pipa primer yang besar.

Kebocoran jaringan pipa adalah gangguan yang sering dialami oleh PDAM, namun cara menangani kebocoran dan juga komunikasi dari PDAM Suya Sembada layak diapresiasi.

Dari awal kebocoran sampai proses perbaikan selesai, para pelanggan tetap mendapat suplai air bersih dalam jumlah cukup, dan juga proses perbaikan hanya perlu waktu dua hari.