Catat! Air Tampak Bersih Belum Tentu Bisa Dikonsumsi

Air Tampak Bersih Belum Tentu Bisa Dikonsumsi
Air Tampak Bersih Belum Tentu Bisa Dikonsumsi

AIRKAMI.ID, Air bersih adalah air yang memenuhi semua syarat untuk dikonsumsi, seperti tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. 

Tetapi hal yang perlu Sobat Air tahu yaitu, air yang terlihat bersih pada kenyataannya belum bisa dikatakan berkualitas lantaran terdapat kandungan di dalam air yang tidak terlihat oleh mata, contohnya seperti bakteri E.coli.

Bahaya dari air bersih yang akan dibahas di sini adalah bahaya dari jenis air yang hanya tampak bersih dan belum diolah atau dimasak, misalnya air sumur di perkotaan, air tanah di daerah industri atau air sungai yang terlihat jernih.

Meski telah memenuhi beberapa syarat tersebut, air yang tampak bersih juga tidak disarankan untuk langsung dikonsumsi tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengolah air seperti dipanaskan sampai suhu air mendidih, agar bakteri yang terdapat dalam air mati sehingga air aman untuk diminum.

Air tanah adalah sumber air yang sangat penting hampir di semua wilayah, kecuali wilayah dengan sumber air dari perusahaan pengolahan air bersih yang langsung disalurkan ke setiap rumah atau biasa disebut dengan air bersih perpipaan.

Air tanah ini biasanya berada pada lapisan bebatuan sekitar 10 meter di bawah permukaan tanah. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kebersihan air tanah, di mana faktor yang paling utama adalah kondisi daerah resapan di sekitar jalur air.

Sayangnya, banyak penelitian yang menemukan bahwa air tanah sudah banyak yang mengandung bakteri E. Coli atau tercemar kontaminan lain karena pencemaran, meski airnya tampak bersih.

Saat ini, banyak yang menghindari penggunaan air tanah dengan beralih menggunakan air bersih perpipaan untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari karena lebih aman dan higienis.