Warga Desa Meduri Kini Punya Fasilitas Air Bersih

Fasilitas Air Bersih Desa Meduri
Fasilitas Air Bersih Desa Meduri

Fasilitas Air Bersih Desa Meduri – Warga Desa Meduri, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro kini tidak lagi mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. 

Hal tersebut terjadi berkat Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina EP Cepu (PEPC), Desa Meduri mempunyai fasilitas air bersih yang dapat memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Desa Meduri yang terletak di barat daya jantung kota Bojonegoro, merupakan desa yang kekeringan, dimana kebutuhan air bersih dipenuhi dari sumur-sumur pompa yang dangkal.

Untuk mengatasi permasalahan air di Desa Meduri, SKK MIGAS – Pertamina EP Cepu Zona 12 bekerjasama dengan LSM Lembaga Informasi dan Masyarakat Banyuurip (LIMA 2B), selama kurang lebih lima bulan melaksanakan kegiatan Program Penyediaan Fasilitas Sanitasi dan Air Bersih.

Program Penyediaan Fasilitas Sanitasi dan Air Bersih ini merupakan program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan oleh Pertamina EP Cepu Zona 12 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream dan merupakan komitmen PEPC untuk dapat berkontribusi dalam pemenuhan energi negeri dan juga melakukan pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasi.

Kegiatan ini telah mendapatkan persetujuan dari SKK MIGAS serta mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Program bantuan penyediaan fasilitas sanitasi dan air bersih ini meliputi instalasi jaringan pipa air bersih sepanjang 2.430 meter, 1 paket pemboran sumur air bersih, pompa air, dan installasi listrik, tower tandon air kapasitas 10.200 liter dan 6 unit sumur jobin/galian dangkal.

Melalui Perwakilan PEPC Zona 12, Weanny Hikmat sebagai Assistant Manager Field Relations juga menyampaikan pentingnya arti air untuk kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Kota Ini Terancam Krisis Air, Jakarta Termasuk?

“Dengan adanya program ini, kami berharap bantuan air bersih ini dapat memberikan manfaat, terutama kepada lebih dari 90 Kepala Keluarga. Kami mohon setelah program ini selesai, fasilitas penyediaan air dapat dijaga dan dipelihara sehingga bermanfaat untuk jangka panjang. Kami juga mengucapkan terima kasih atas arahan dan dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bojonegoro kepada PEPC atas terwujudnya penyediaan fasilitas air di Desa Meduri ini,” ujar Weanny.

Kepala Desa Meduri, atas nama warga, Haryono mengucapkan terima kasih kepada Pertamina EP Cepu Zona 12 serta rasa syukurnya karena telah diberi bantuan akses air bersih. Haryono juga menyampaikan harapan terhadap keberlanjutan program ini.

Model pembangunan fasilitas air bersih dengan skema CSR dari perusahaan yang beroperasi di suatu daerah dapat dijadikan model untuk daerah lain, dengan catatan perusahaan tersebut mempunyai kepedulian yang tinggi.