Suplai Air Bersih Macet, Pelanggan PDAM Kota Langsa Kecewa

Suplai Air Bersih Macet Pelanggan PDAM Kota Langsa Kecewa
Suplai Air Bersih Macet Pelanggan PDAM Kota Langsa Kecewa

Suplai Air Bersih Macet – Beberapa pelanggan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Langsa, Aceh mengeluhkan layanan pipa air bersih yang macet. Warga kecewa karena air yang didapat tidak sesuai dengan tarif yang harus mereka bayar.

Direktur PDAM Kota Langsa, Azzahir mengungkapkan bahwa terkait keluhan pelayanan pihaknya menghimbau agar pelanggan langsung menyampaikan keluhannya ke Kantor PDAM atau melalui aplikasi pengaduan.

Terkait keluhan pelanggan,PDAM Kota Langsa sudah dua tahun yang lalu membuat aplikasi pengaduan, pelanggan dapat  men-download aplikasi pengaduan itu. Jadi, pelanggan dimudahkan dengan aplikasi tersebut untuk menyampaikan keluhannya.

Salah seorang pelanggan yang tidak mau disebutkan namanya, kepada acehinfo.id, hari Jumat, 5 Agustus 2022, menyebutkan suplai air bersih oleh PDAM Kota Langsa tidak sesuai dengan tagihan meter air yang harus dibayar setiap bulannya.

Warga di Kecamatan Langsa Timur yang berlangganan jasa PDAM  Kota Langsa harus memakai mesin pompa air seperti yang disarankan oleh pihak PDAM agar air yang mengalir itu kencang, tetapi hal itu juga tidak membantu pelanggan untuk mendapatkan air.

Pelanggan tersebut menegaskan, selama tujuh bulan para pelanggan di Kecamatan Langsa Timur jika dihitung memperoleh air hanya sebulan saja, namun tagihan tetap harus dibayar setiap bulannya.

Tidak jarang mesin pompa air hanya menghasilkan angin saja dan tidak menghasilkan air, sehingga membuat meteran air tetap berputar. Jadi warga harus membayar angin tersebut kepada PDAM.

Baca Juga : Waspada! Ada Bakteri Escherichia Coli Pada Air yang Kita Konsumsi

Jika tidak melunasi tagihan bulanan, maka petugas PDAM Kota Langsa yang didampingi aparat penegak hukum akan memutus atau mencabut meteran air.

Melihat permasalahan ini, pihak PDAM hendaknya melakukan sosialisasi yang baik tentang pengaduan melalui aplikasi agar pelanggan dapat memahaminya ketika terjadi masalah air pipa yang macet. 

Di sisi lain, PDAM Kota Langsa juga harus memperbaiki kinerjanya agar pelanggan tidak dikecewakan, mengingat mereka sudah membayar tarif air bersih setiap bulannya.