Seukuran Koper! Alat Ini Mengubah Air Apapun Jadi Siap Minum

Seukuran Koper! Alat Ini Mengubah Air Apapun Jadi Siap Minum
Seukuran Koper! Alat Ini Mengubah Air Apapun Jadi Siap Minum
Seukuran Koper! Alat Ini Mengubah Air Apapun Jadi Siap Minum
Seukuran Koper! Alat Ini Mengubah Air Apapun Jadi Siap Minum

Teknologi penjernih air seukuran koper sekitar 30x45x20 cm yang bisa mengubah air apapun jadi air siap minum. 

Alat ini diciptakan oleh Yousuke Maeda, pemuda 26 tahun asal Tokyo, Jepang. Ide pembuatan alat ini bermula dari besarnya kebutuhan warga akan air, terutama saat terjadi bencana alam.

Hingga akhirnya pada 24 Oktober 2014 perusahaan bernama Wota Corporation didirikan oleh Yosuke agar bisa memproduksi alat ini secara massal.  

“Air kali, air laut dan sebagainya bisa diubah menjadi air biasa, sangat bening dan bisa menjadi air minum,” ungkap Yousuke Maeda. 

Produk pembersih air ini akhirnya hadir dengan nama Hotaru atau dalam bahasa Indonesia yang berarti Kunang-kunang, walau kecil bisa menerangi sekitarnya. Keunggulan Hotaru ini adalah kemampuannya yang bisa mengubah air apa pun menjadi air minum.

Kapasitas Hotaru mampu menghasilkan air hingga 5 galon yang dapat dipakai berulang kali selama dua minggu, yang hasilnya dapat untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk minum hingga mandi. Yang diperlukan paling hanya penggantian filter saja.

“Perusahaan pengembangan peralatan pengolahan air, pengembangan algoritma ini memang awalnya tercipta dengan dengan melihat bencana alam di Tohoku 2011 yang sangat membutuhkan air, lalu kita berusaha menciptakan alat pembersih air ini,” ujar Yousuke Maeda, yang juga menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) di Wota Corporation

Terkait harga jual masih belum ditentukan, hal ini tergantung jumlah produksi. Diusahakan akan diproduksi paling sedikit 10.000 unit untuk memenuhi skala ekonomi sehingga harga jual bisa ditekan serendah mungkin.

“Biaya pengembangan sendiri dari awal hingga kini sudah mencapai ratusan juta yen karena harus dilakukan uji coba di berbagai bidang,” kata Yousuke Maeda.

Saat ini Wota Corporation juga sedang melakukan pembicaraan dengan berbagai perusahaan besar yang berniat kerja sama atau membeli produknya tersebut.

“Tapi kami juga berminat untuk pemasaran di Indonesia yang mungkin berguna untuk peningkatan kualitas air minum di sana,” lanjutnya.

Hotaru dengan kemampuan besar dapat menghasilkan air minum tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup di banyak daerah di Indonesia . 

Untuk harga jual di Indonesia, menurutnya, akan disesuaikan dengan daya beli orang Indonesia.

Baca Juga : Inilah Ultrafiltrasi! Teknologi Pengolahan Air di Masa Depan

Kabar baiknya, ada kemungkinan juga pihak Wota Corporation akan melakukan pembuatan atau produksi di Indonesia di masa mendatang, yang tentu saja akan membuat harga semakin terjangkau.