Pelajari yuk Bagaimana Cara kerja Water Treatment Plant!

Pelajari yuk Bagaimana Cara kerja Water Treatment Plant!
Pelajari yuk Bagaimana Cara kerja Water Treatment Plant!
Pelajari yuk Bagaimana Cara kerja Water Treatment Plant!
Pelajari yuk Bagaimana Cara kerja Water Treatment Plant!

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara kerja Water Treatment Plant (WTP), pelajari dulu yuk definisinya secara singkat.

Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) merupakan sistem yang difungsikan untuk mengolah air baku (influent) yang tercemar agar mendapatkan kualitas air pengolahan (effluent) standar yang diinginkan/ditentukan untuk siap dikonsumsi.

Secara umum di dalam pengolahan air bersih terdapat 3 unit, yaitu Intake, Water Treatment, dan Reservoir.

  1. Unit Penampungan awal (Intake)

Intake merupakan bangunan pertama untuk masuknya air dari sumber air. Pada unit Intake ini biasanya terdapat bar screen yang berfungsi untuk menyaring benda-benda yang ikut tergenang dalam air. Kemudian air akan dipompa ke unit berikutnya, yaitu Water Treatment.

  1. Unit Pengolahan (Water Treatment)

Pada unit ini, air dari unit penampungan awal diproses melalui beberapa tahapan:

a. Tahap Koagulasi

Dilakukan dengan, karena pada dasarnya sumber air (air baku) biasanya mengandung berbagai koloid didalamnya. Tujuan proses ini adalah untuk memisahkan air dengan pengotor yang terlarut didalamnya. 

Proses destabilisasi ini dapat dilakukan dengan penambahan bahan kimia maupun dilakukan secara fisik dengan rapid missing (pengadukan cepat), hidrolis (terjunan atau hydrolic jump), maupun secara mekanis (menggunakan batang pengaduk).

b. Tahap Flokulasi

Water Treatment bertujuan untuk membentuk dan memperbesar flok (pengotor yang terendapkan). Disini dilakukan pengadukan lambat (slow mixing), aliran air disini harus tenang. Untuk meningkatkan efisiensi biasanya ditambah dengan senyawa kimia yang mampu mengikat flok-flok.

Baca Juga : Wow! Teknologi Ini Mengolah Air Laut Menjadi Air Minum

c. Tahap Sedimentasi

Proses sedimentasi menggunakan prinsip berat jenis, dan proses sedimentasi dalam Water Treatment berfungsi untuk mengendapkan partikel-partikel koloid yang sudah didestabilisasi oleh proses sebelumnya (partikel koloid lebih besar berat jenisnya daripada air).