Mencekam! Jawa 2040 Diprediksi Krisis Air Bersih Absolut

Jawa 2040 Diprediksi Krisis Air Bersih Absolut
Jawa 2040 Diprediksi Krisis Air Bersih Absolut

Krisis Air Bersih Jawa – Masa depan kehidupan di Pulau Jawa bisa terganggu dengan adanya prediksi terjadinya krisis air yang berada pada level kelangkaan absolut pada tahun 2040. Inilah salah satu argumen mengapa Ibu Kota harus dipindah.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dalam Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KHLS) RPJM 2019 memproyeksikan ketersediaan air di Pulau Jawa akan mencapai kelangkaan absolut pada tahun 2040.

Kelangkaan absolut atau absolute scarcity adalah jumlah sumber daya yang tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Sebuah peringatan yang tidak bisa dianggap enteng.

Dalam situasi kelangkaan absolut, tidak peduli sebanyak apapun mencari sumber tambahan, tidak akan mungkin bisa terpenuhi. Kekurangan air ini akan membawa dampak buruk bagi kehidupan seperti kekeringan, haus, gagal panen dan kelaparan.

Tahapan dari kondisi sumber daya air ini secara berturut-turut adalah No Stress (tanpa tekanan), Stress (ada tekanan), Scarcity (ada tekanan kelangkaan), dan Absolute Scarcity (kelangkaan absolut atau mutlak).

Di sisi lain, Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Imam Santoso mengonfirmasi bahwa kondisi air di salah satu kota metropolitan di Jawa, yaitu Jakarta sudah masuk tahap krisis.

Dirjen Imam Santoso mengungkapkan bahwa Jakarta mempunyai penduduk sekitar 12 juta. Dari jumlah tersebut, hanya 60 persen saja yang dapat menikmati akses air bersih perpipaan. 

Fakta ini seakan memperkuat kajian Kementerian PPN/Bappenas, yakni orang menganggap air di Indonesia itu melimpah dan tersedia di manapun tetapi Jakarta kekurangan pasokan air.

Kelangkaan absolut adalah kondisi  paling buruk yang harus disikapi secara bijak dengan strategi tepat. Misalnya gerakan masyarakat untuk menghemat air, menghentikan penggunaan air tanah dengan perlahan beralih kepada air bersih perpipaan, dan aksi melestarikan lingkungan.