Jarang Diketahui, Simak 5 Manfaat Air untuk Kehidupan..

Manfaat Air untuk Kehidupan
Manfaat Air untuk Kehidupan

Manfaat Air untuk Kehidupan – Salah satu kebutuhan dasar makhluk hidup di Planet Bumi yang harus tersedia setiap hari adalah air. Tanpa adanya air, tidak ada kehidupan. Air adalah prasyarat kehidupan.

Hampir semua aspek kehidupan membutuhkan air. Air juga menjadi hal yang pokok dan utama dalam kegiatan budidaya pertanian, industri, transportasi, hingga pembangkit tenaga listrik.

Air dapat digolongkan sebagai sumber daya alam yang bisa diperbarui (renewable) dan masuk bagian dari komponen abiotik dalam ekosistem.

Ketersediaan air di Planet Bumi berasal dari siklus daur air yang terus menerus. Salah satu diantaranya yaitu terjadinya proses hujan yang turun ke Planet Bumi.

Di bawah ini adalah 5 manfaat air dalam kehidupan sehari-hari yang disadur dari buku Air Sumber Kehidupan karya Bekti Nuryani  tahun terbitan 2019.

  1. Memenuhi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Hampir 2/3 tubuh manusia terdiri dari air. Sementara tubuh juga selalu mengeluarkan cairan melalui urine atau keringat, makanya tubuh manusia harus tetap dalam kondisi terhidrasi untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Caranya dengan minum air putih yang cukup untuk menggantikan cairan yang keluar sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

  1. Membantu Kegiatan Sehari-Hari

Bermacam-macam aktivitas yang rutin dilakukan setiap hari di rumah tentu tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan akan air.

Misalnya kegiatan memasak, mencuci, baik pakaian maupun piring, mandi, dan lain sebagainya dipastikan membutuhkan air.

Dapat dibayangkan bagaimana kegiatan rumah tangga sehari-hari tanpa kehadiran air. Pasti semuanya akan berantakan.

  1. Menghindari Berbagai Penyakit

Air bersih mempunyai fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga tubuh tetap bugar.

Baca Juga: Jelang Hari Air Sedunia, Pipa PDAM Banjarmasin Bocor

Artinya, secara tidak langsung fungsi air yaitu supaya tubuh manusia senantiasa terhindar dari berbagai macam penyakit, misalnya diare, kolera, disentri, keracunan, dan yang lainnya.

  1. Untuk Irigasi Pertanian

Untuk kegiatan pertanian, air berguna sebagai irigasi pertanian yang sangat mempengaruhi kesuksesan hasil panen para petani.

Jika air kurang atau tercemar, maka dapat dipastikan hal tersebut akan membahayakan kesuburan tanaman.

  1. Menjaga Keberlangsungan Ekosistem Lingkungan

Air di Planet Bumi ini sangat berguna dalam rangka menjaga keberlanjutan ekosistem lingkungan. Tanpa air ekosistem akan terganggu bahkan punah.

Tidak hanya itu, air juga bisa berpotensi sebagai sarana rekreasi dan pembelajaran.