Jangan Lupa! Bersihkan Tandon Air Di Rumah Secara Rutin Ya..

Bersihkan Tandon Air Di Rumah Secara Rutin
Bersihkan Tandon Air Di Rumah Secara Rutin

AIRKAMI.ID, Kalian pasti punya tandor air bukan? Jangan lupa bersihkan tandon air di rumah secara rutin . Tandon air plastik adalah salah satu tempat penampungan air yang banyak dipakai, baik untuk keperluan rumah tangga ataupun komersial.

Meski berada di area yang tertutup, tandon air harus tetap dibersihkan secara berkala minimal 3 hingga 6 bulan sekali. Sering dianggap sepele, ternyata bila tidak dibersihkan secara teratur dapat menimbulkan masalah bagi penggunanya.

Di bawah ini adalah 5 alasan penting mengapa tandon air plastik yang ada di rumah wajib kalian bersihkan secara rutin.

  1. Bakteri Berbahaya Dapat Tumbuh

Jika tandon penyimpanan air kotor dalam waktu lama, maka bisa menjadi tempat berkembang biak yang ideal bagi bakteri berbahaya dan mikroorganisme lainnya.

Dampaknya, air yang tersimpan di dalam tandon tersebut tidak dapat lagi digunakan untuk kebutuhan konsumsi manusia. Makanya, sangat penting untuk membersihkan tandon air tepat waktu.

  1. Bisa Menyebabkan Penyakit

Banyak penyakit menular melalui air yang kotor atau tercemar. Seperti kolera, diare, tipus, hingga penyakit kuning. Oleh sebab itu, sangat penting menjaga tandon dalam kondisi bersih untuk meminimalkan risiko terjangkit penyakit berbahaya.

  1. Timbul Karat

Bila tandon plastik berisi air kotor, tidak bersih, dan kurang terawat dapat memicu munculnya masalah karat. Jika ini terjadi, maka akan terlihat aliran air kecoklatan mengalir dari keran.

Munculnya karat di dalam tandon air membuat kualitas air menurun drastis sehingga tidak bisa digunakan untuk memasak atau minum.

  1. Filter Air Dapat Rusak

Beberapa orang beranggapan bila telah memiliki filter air mahal dan berteknologi tinggi, maka tandon air tidak memerlukan perawatan apa pun. Ini adalah anggapan yang keliru. Filter mahal pun lama kelamaan dapat rusak jika terus menerus dipaksa untuk menyaring air berkualitas buruk.

  1. Lebih Hemat

Tandon air yang rusak memerlukan biaya perawatan yang tinggi. Dengan merawat tandon air secara berkala akan memperpanjang usia pemakaian, sehingga lebih hemat.

Demikianlah penjelasan singkat terkait pentingnya membersihkan tandon air plastik secara rutin dan berkala.