Jakarta Krisis Air: Sepenggal Cerita dari Muara Angke

Jakarta Krisis Air Sepenggal Cerita dari Muara Angke Pluit
Jakarta Krisis Air Sepenggal Cerita dari Muara Angke Pluit

AIRKAMI.ID, Jakarta masih saja dihantui krisis air bersih. Salah satu wilayah yang hingga kini sering mengalami kesulitan air bersih adalah Muara Angke, Jakarta Utara. 

Letak Muara Angke berbatasan dengan laut menyebabkan daerah ini kerap dilanda banjir rob, hal ini tentu menyebabkan sumur milik warga tidak bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Terkait air bersih yang diharapkan warga Muara Angke, 40 tahun lebih warga menunggu pemasangan jaringan air pipa di daerah ini, namun sampai saat ini belum juga terpasang.

Pemprov DKI Jakarta lebih memilih membangun kios air di beberapa titik termasuk Muara Angke. Memang di kios tertulis air dengan harga Rp400 per-jeriken, tetapi harga tersebut naik menjadi Rp1,200 apabila di antar sampai rumah.

Kios Air Bersih Muara Angke
Kios Air Bersih

Sartini, seorang pedagang makanan di Muara Angke mengaku harus membeli air seharga Rp. 15.000 ribu untuk 3 gerobak yang berisi 4 jeriken air per gerobakan, itu masih harus ditambah dengan upah pengantar sebesar Rp20 ribu.

Warga yang sudah bertahun-tahun tinggal di Muara Angke juga menyebut, dari kecil sudah kesulitan air bersih. Harapannya suatu saat air di tempat tinggalnya bisa lebih mudah didapat dengan harga murah, tidak seperti saat ini masih mahal dan sulit. 

Baca Juga: Kisah klasik Masalah di Ibu Kota Jakarta: Air Bersih Sulit

Tampaknya, strategi pembuatan kios air kurang tepat karena dalam pelaksanaanya warga masih dibebani dengan biaya pengangkutan yang tidak murah.

Warga Muara Angke lebih menginginkan pipanisasi, yaitu pemasangan jaringan air bersih perpipaan yang tersambung ke setiap rumah warga. Warga tinggal membayar tagihan air secara bulanan.

Sepertinya harapan warga Muara Angke bisa terwujud dalam waktu yang tidak lama lagi, karena PAM Jaya sedang melakukan peningkatan cakupan layanan 100 persen dengan membangun jaringan pipa baru sepanjang 7 ribu km. 

Jangan sampai ketinggalan update artikel terbaru tentang masalah dan solusi air bersih kini ada di Google News & Index Berita – Airkami.id