Sejumlah Daerah di Indonesia Masih Sulit Air Bersih, Apa Solusinya?

Air bersih di indonesia masih sulit
Air bersih di indonesia masih sulit

AIRKAMI.ID, Air adalah sumber kehidupan. Setiap orang idealnya harus minum air putih minimal 8 gelas sehari agar mampu beraktivitas dengan baik. Selain bermanfaat bagi lingkungan, air bersih juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Tapi sayangnya untuk memenuhi kebutuhan air bersih, sampai saat ini banyak masyarakat Indonesia masih kesulitan untuk mendapatkannya.  Ketersediaan air bersih ditentukan oleh kondisi geografi wilayah yang biasa memperoleh air melalui tadah hujan. Tidak semua daerah dapat teraliri air, karena lokasi rumah warga yang jauh dan kapasitas sumber air tidak mampu memenuhi kebutuhan. 

Sebagian masyarakat masih mengonsumsi air dari tadahan hujan di sumur. Kondisi itu diperparah saat musim kemarau, sehingga banyak masyarakat di Tanah Air (khususnya di daerah pedesaan) mengalami kekurangan air bersih.

Air bersih di Indonesia sulit karena kurangnya pipanisasi
Air bersih di Indonesia sulit karena kurangnya Pipanisasi.

Laporan PBB membenarkan kondisi di lapangan seperti itu. Rata-rata di daerah pedesaan, masih kekurangan layanan dasar air bersih. Di seluruh dunia, 1 dari 3 orang tidak mempunyai akses ke air minum yang bersih, serta 2 dari 5 orang tidak mempunyai fasilitas dasar cuci tangan dengan sabun dan air. 

Pandemi Covid-19 seolah memberi peringatan tentang pentingnya kebersihan air yang hendak digunakan, dan akses air bersih yang memadai untuk meningkatkan kesehatan diri sekaligus mencegah dan mengendalikan penyakit.

Kebersihan tangan telah menyelamatkan nyawa. Menurut WHO, mencuci tangan adalah salah satu tindakan paling efektif untuk mengurangi penyebaran kuman dan mencegah infeksi penyakit menular, termasuk virus Covid-19.

Melalui penyediaan akses air bersih yang baik tentu akan meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia. Salah satu solusi air bersih di Indonesia yaitu memperluas cakupan layanan akses pipanisasi bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Jangan sampai ketinggalan update artikel terbaru tentang masalah dan solusi air bersih kini ada di Google News & Index Berita – Airkami.id