Air Bekas Cuci Beras Bisa Bikin Wajahmu Berkelas

Air Bekas Cuci Beras Bisa Bikin Wajahmu Berkelas
Air Bekas Cuci Beras Bisa Bikin Wajahmu Berkelas. (Youtube Denovie Nurwantini)

AIRKAMI.ID, Air bekas cucian beras mengandung zat yang banyak bermanfaat bagi kulit. Tidak mengherankan jika air cucian beras menjadi skincare alami favorit orang Jepang hingga Korea sejak dulu.

Air beras mengandung mineral dan zat lain, misalnya asam amino, vitamin, antioksidan dan bahkan oryzanol yang dapat memperbarui pembentukan pigmen melanin dan menetralisir dampak buruk dari sinar ultraviolet.

Dikutip dari Healthline, Health Shots, dan Stylecraze, di bawah ini beberapa manfaat air bekas cucian beras yang bisa dijadikan skincare alami. 

  1. Mencerahkan kulit

Orang-orang di Korea dan Jepang memanfaatkan air beras untuk meminimalkan noda dan mencerahkan kulit. Air beras mengandung beberapa enzim yang mempunyai efek mencerahkan kulit. Makanya, air beras digunakan sebagai bahan aktif dalam sabun dan krim.

  1. Mencegah Sunburn

Air beras bisa untuk mengobati gejala ringan sengatan matahari atau sunburn, seperti kemerahan, radang, dan gatal. Saat dioleskan pada kulit wajah, air beras juga mempunyai efek mengencangkan dan bisa bermanfaat menjaga kelembaban kulit. 

  1. Memudarkan Flek Hitam

Air bekas cucian beras bisa digunakan untuk maskeran. Hal ini dilakukan untuk memperoleh manfaat bagi wajah yakni memudarkan flek hitam. Maskeran air beras bisa dilakukan selama 3 kali dalam seminggu. 

  1. Mencegah Jerawat dan Mengencangkan Kulit Wajah

Rutin mencuci muka dengan air cucian beras bisa mengurangi warna kemerahan di wajah. Selain itu, menggunakan air cucian beras juga dapat menghilangkan jerawat sekaligus mengencangkan kulit wajah.

  1. Mengontrol Minyak di Wajah

Wajah berminyak dapat merusak riasan dan memicu munculnya jerawat serta komedo. Untuk membantu mengatasinya, bisa dengan mencuci muka dengan air cucian beras. 

  1. Anti Penuaan

Sebuah penelitian telah menyimpulkan bahwa air beras mengandung antioksidan yang bisa menghambat aktivitas elastase atau enzim yang merusak elastin. Sehingga, air beras mampu membantu menjaga elastisitas kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan. 

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika mencuci muka dengan air bekas cucian beras, seperti yang dilakukan oleh orang-orang Jepang dan Korea.