6 Langkah Mudah Menjaga Sungai Tetap Bersih dari Sampah

Kebersihan Sungai dari Sampai
Kebersihan Sungai dari Sampai

Sungai adalah salah satu air permukaan yang sangat potensial untuk dimanfaatkan bagi kehidupan sehari-hari. Di beberapa negara, sungai digunakan secara optimal menjadi sumber air bersih. Untuk itu, menjaga sungai tetap bersih dari sampah perlu kita lakukan.

Di Indonesia, pemanfaatan sungai sebagai sumber air bersih masih sangat kecil karena kualitas airnya sangat buruk akibat dari pencemaran. Oleh sebab itu, mulai muncul kesadaran untuk memperbaiki kualitas sungai.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan agar sungai bisa bersih dari sampah.

  1. Membuang Sampah di Tempatnya

    Adanya sampah di sungai mengakibatkan pencemaran. Sungai yang tercemar tidak mungkin dimanfaatkan untuk mandi atau sebagai sumber air bersih untuk dikonsumsi. Selain itu, sampah di sungai juga menyebabkan bencana banjir. 
  2. Mengurangi Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya

    Penggunaan bahan kimia di dalam kehidupan sehari-hari harus dikurangi atau bahkan dihindari jika mungkin, karena saat larut ke dalam air, bahan kimia yang berbahaya bisa merusak ekosistem air dan merusak kualitas air. 
  3. Tidak Membuang Bahan Kimia ke Sungai

    Jika memang terpaksa harus memakai bahan kimia seperti cat, oli, dan minyak, maka jangan membuangnya ke sungai, karena dapat membunuh organisme di sungai. Lebih baik, bahan-bahan kimia tersebut ditanam agak jauh dari sumber air, sehingga dampak buruknya bisa diminimalisir.
  4. Mendaur Ulang Barang Bekas

    Sebelum membuang barang bekas, coba pertimbangkan baik-baik apakah mungkin barang itu bisa dipakai atau didaur ulang karena banyak barang bekas yang bisa dipakai ulang atau didaur ulang. Hal ini untuk mengurangi jumlah sampah, terutama plastik. 
  5. Tidak Membuang Limbah Pabrik ke Sungai

    Pemerintah telah membuat peraturan agar para pemilik pabrik tidak membuang limbah, yang mengandung zat kimia ke sungai. Melalui peraturan itu, pemilik pabrik diwajibkan untuk menyediakan lahan khusus guna memproses limbah tersebut sebelum dibuang ke aliran sungai. 
  6. Menindak Tegas

    Pemerintah sepertinya harus menindak tegas para pelaku perusak lingkungan sesuai peraturan lingkungan hidup yang berlaku, termasuk sungai.

Apabila masyarakat secara bersama-sama mampu menjaga sungai tetap bersih dari sampah dengan melakukan hal-hal seperti di atas, maka sungai dapat dimanfaatkan sebagai sumber air bersih sehingga krisis air dapat dihindari.